Tugas VB 2

Haloo..... ketemu lagi ni pada Tugas Visual Basic 2 yang mana Tugas Visual Basic 1 sudah kelar....
Ok langsung aja ni...  menuju ke TKP dimana ada souce Code seperti di bawah ini :



Dari souce code diatas dapat dilihat terdapat beberapa kesalahan yang menjadikan program tersebut tidak bisa dijalankan atau di running. Dimana letak kesalahan dari souce code pada gambar diatas ??? akan penulis bahas satu persatu agar program tersebut dapat berjalan menjadi seperti ini :


Dari souce code tersebut dapat dianalisa terdapat beberapa kesalahan pada souce code sehingga program tidak dapat di running  yaitu: 


Apa yang menyebabkan program error pada btalamat1_Click baris program alamat = "Kuningan"

pada saat penulisan souce code pada btalamat1_clik terjadi sedikit kesalahan yaitu kurangnya deklarasi variabel alamat sebagai berikut :



yang seharusnya souce codenya seperti ini :



Kenapa saat ditekan tombol nama1 dan nama1 nama yang ditampilkan pada textbox nama berbeda sedangkan saat ditekan tombol alamat1 dan alamat2 yang ditampilkan pada textbox alamat sama

Pada tombol nama 1 dideklarasikan yaitu dengan dim as nama string yang berisi "nandang" sedangkan pada tombol nama 2 deklarasi menggambil dari deklarasi global yang terdapat pada modul program.

Berikut souce code yang terdapat pada nama 1 yang memanggil nama "Nandang"

sedangkan pada nama 2 memanggil nama "Nandang Hermanto"  yang mana nama tersebut terdapat pada modul




Kenapa saat ditekan tombol tambah umur 1 umur selalu keluar angka 1 sedangkan saat ditekan tombol tambah umur 2 umur selalu bertambah 1 dari umur sebelumnya

Pada tambah umur 1 selalu keluar angka satu karena pendeklarasiannya menggunakan DIM yang artinya tidak menyimpan nilai, maka nilai akan selalu keluar 1.


yang mana seharusnya deklarasi Dim diganti menggunakan Static yang artinya nilai itu disimpan selama program itu masih berjalan.




ANALISA FORM 2

Form 2 hanya bisa muncul atau keluar jika di panggil dari form 1 dengan cara mengklik tombol show form 2.



sedangkan pada form 2 tersebut hanya terdapat beberapa souce code saja


nah....pada coding form 2 terdapat option Explicit off yaitu tidak mengharuskan variable dipesan terlebih dahulu. mengapa?? karena semua variabel untuk form 2 tersebut terdapat pada coding yang berada pada modul .







ANALISA DARI PROGRAM IF DAN CASE



Sekilas nampak tidak ada suatu kesalahan dalam souce code tersebut tetapi jika di teliti ulang akan nampak beberapa kesalahan yang harus dibenahi supaya program tersebut dapat berjalan dengan benar. Antara lain sebagai berikut :

Membuat read only


untuk mengurangi kecurangan user dalam menginput data alangkah baiknya pada properties dari masing - masing textbox dibuat read only sehingga tidak bisa di ubah ubah.


Penambahan item pada case di nama barang

Pada awal pada item tas belum ada jenis barangnya dan masih kosong 

yang selanjutnya pada souce code tersebut ditambahkan nama barang "Tas" beserta harganya



Pembenahan pada coding  jumlah

Yang semula pada Text Box jumlah terdapat perhitungan bayar maka dipisah tersendiri, agar saat data dimasukkan sebelum mengklik tombol tunai atau kredit total dari bayar belum keluar nominalnya.




menjadi seperti berikut :



dan souce codenya seperti dibawah ini 



dan pada  total bayar diisi souce code dari yang tadi berada pada jumlah




Perubahan pada coding tombol clear


Pada tombol clear yang pertama kali coding dibuat  ketika kita mengklik tombol clear tidak akan bersih masih tersisa angka 0 pada diskon dan total bayar


 dan setelah di ubah maka hanya akan tersisa angka 0 pada total bayar


sehingga program akan tampil sebagai berikut :




untuk yang terakhir kelemahan program tersebut adalah tidak bisa untuk transaksi 2 jenis atau lebih barang yang berbeda.


# happy blogging