Tugas Parent And Child

Next Tugas kita akan membuat suatu form yang mana di dalamnya terdapat anak dari form utama. Untuk istilah kerenya yaitu parent and children. Langsung aja menuju pembuatan yang pertama yaitu :

MEMBUAT FORM UTAMA DAN 4 FORM ANAK

New Projet pada program VB anda
kemudian klik kanan pada solution explore add kemudian windows form. ulangi langkah tersebut sampai membuat 4 anak form. Sehingga akan tampil seperti gambar berikut :



Selanjutnya kita akan membuat Menu pada form utama yang terdiri dari 3 buah menu yaitu :
- Tile Vertikal
- Tile Horisontal
- Tile Cascade

Pilihlah pada menustrip


MEMBUAT MENU

untuk membuat menu tersebut dapat diambil dari menu & Toolbars pada sebelah kiri program VB anda sehingga akan tampil seperti berikut
untuk nama silahkan di ketik sesuai dengan keinginan anda sedangkan untuk memunculkan gambar icon, ada dapat meng Klik kanan pada sebelah tulisan "Tile Vertikal", kemudian set image dan pilihlah lokasi dimana anda menyimpan gambar/ icon yang akan digunakan (Untuk set image pada menu Tile Vertical). Dan lakukan untuk menu yang lainnya.

MEMBUAT TOOLBOX

Toolbox berfungsi untuk mempercepat kinerja atau dengan kata lain sebagai jalan pintas. nah untuk membuat toolbox lakukan langkah sebagai berikut :

 Pilihlah pada toolstrip uang mana akan menghasilkan seperti berikut


untuk pengisian image / gambar silahkan lakukan seperti saat set image pada menu.

Berikut souce code untuk menu Tile Vertical, Tile Horisontal dan Tile Cascade. Klik 2x pada tulisan tersebut untuk bisa memasukkan codingnya

berikut program yang sudah diisi codingnya dan dijalankan

Tile Vertikal

Tile Horisontal



Tile Cascade


dan berikut souce code untuk toolbox




jika kode sudah dimasukan dan benar maka coba dijalankan maka akan terlihar seperti berikut :


Semoga bermanfaat 

Happy Blogging ^_^